Jumat, 08 Februari 2013

Pengalaman


Pengalamanku selama hampir tiga tahun di sekolah


Sekolah di SMK GP adalah hal yang menyebalkan dari mulai fasilitas dan peraturan-peraturan yang dibuat. Bukan untuk dipatuhi tetapi peraturan-peraturan itu dibuat untuk dilanggar. Awalnya ketegasan yang ditunjukan oleh beberapa guru disaat Masa Orientasi Sekolah (MOS) membuatku takut dan kagum dengan ketegasan yang ditunjukan.Tetapi setelah MOS berakhir, aku banyak melihat kakak-kakak kelas yang melanggar tidak diberi sanksi, apalagi kakak kelas itu mengobrol dan terlihat akrab dengan seorang guru.semua ketegasan yang diperlihatkan beberapa guru, tidak diperlihatkan pula oleh beberapa guru yang lain.
Semakin hari aku melihat teman-teman mulai melaggar peraturan. Ditambah lagi ada persaingan antara guru entah persaingan apa,tapi mereka terlihat tidak akur. Seperti ada petak-petak diantara mereka, dan perbedaan pandangan dan prinsip oleh mereka. Walaupun tidak pasti, aku bisa merasakannya.Banyak kejadian yang memperkuat dugaanku, setiap ucapan, setiap obrolanyang aku dengar saat guru menjadi pengawas ulangan mid/semesteran. Diantara mereka pasti ada gesekan dan persaingan. Itu tidak baik untuk siswa.
Pandanganku tentang peraturan di sekolah adalah sebuah wacana saja. Penjagaan yang kurang ketat, penindakkan yang kurang tegas kepada pelanggar, membuat para pelanggar tidak pernah jera. Disiplin tidak dijalankan oleh kebanyakanguru apalagi siswa. Aku tidak hakekat peraturan apa yang mesti dijalankandan dipatuhi. Bahkan saat bel jam tujuh, suasanakelas masih sepi, bangku-bangku di dalam kelas banyak yang kosong saat itu pun guru pengajar belum masuk ke kelas untuk mengajar, padahal sudah jam tujjuh tepat. Itu menandakan bahwa guru dan murud sama tidak disiplinnya.
Pernah disuatu upacara, wacana baru dikeluarkan.Bahwa merokok di lingkungan sekolah, dilarang. Siapapun, siswa harus menegur. Memang waktu iti fatwa haram rokok telah disahkan. Nyatanya yang terjadi masih saja tercium bau rokok di ruang TU. Parahnya lagi Ketua Yayasan sendiri duduk diatas motor sambil merokok. Aku dikasih lihat oleh temanku, dan kami hanya tertawa bersama, karena takut dan tidak mau menegur.Sungguh lucu sekali, tapi aku tetap menikmati bersekolah disini, apalagi teman-teman dan sahabat yang baik, juga beberapa guru yang menyengakan.
Belajar disekolah tidak hanya mencari ilmu. Bagiku juga mencari banyak teman dan pengalaman, Teman-teman yang selalu mendukung dan guru-guru yang selalu memberi nasehat yang bijak selalu aku rindukan saat liburan sekolah. Aku merasa senag dan bahagia bersekolah, bertemu teman-teman juga guru-guru, mendapat ilmu, mendapat pengalaman, mendapat kesenangan dan bagaimana berhubungan sosial. Sungguh pengalaman saat bersekolah disini tidak pernah ingin kulupakan, kecuali pengalaman pahit. Banyak harapan dariku untuk diriku, teman-temanku guru-guruku juga sekolah tercintaku. Harapan yang positif untuk terus maju dan jaya. Itulah pengalamanku dan anganku selama hampir tiga tahun menjadi siswi disini, di sekolah yang sangat kubanggakan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar